Selasa, 12 Januari 2016

Psikologi Positif: Piece of Mind (4/4)



ACCELERATED LEARNING
(Bagian 4 dari 4)



Metode accelerated learning diterapkan di berbagai sekolah dan instansi di dunia. Metode ini terbukti dapat meningkatkan kecepatan belajar tiga kali lipat. Dua syarat pokok yang harus dilakukan agar berhasil dalam accelerated learning, adalah relaksasi dan perasaan/emosi. Dalam bukunya, MacGregor telah menyajikan langkah bagaimana rileks dan bagaimana menggunakan perasaan positif.

Teori Tujuh Jenis Kecerdasan
Howard Gerner dalam buku Frames of Mind tahun 1983, membahas teori tujuh jenis kecerdasan (multiple intelligences). Accelerated learning menganut teori ini, guna melatih perserta. Berbagai seminar mengenai pengembangan pribadi dan kesadaran diri juga menggunakannya dalam berbagai variasi. Menurut penulis, Gardner telah berhasil memasukkan pengajaran dalam memberi instruksi yang efektif. Sekarang pencarian cara-cara pengajaran yang lebih efektif dilakukan oleh akademisi di seluruh dunia. Berikut ketujuh jenis kecerdasan dan pemanfaatannya:
1.   Matematika/Logika. Menggunakan perhitungan. Melihat masalah secara logis, memperhatikan hasil akhir dan aspek yang mempengaruhinya, membuat urutan, serta menggunakan diagram dan sistem.
2.   Visual/Spasial. Menggunakan gambar, warna, simbol, tanda, ilustrasi dan diagram, menggunakan peta pikiran, menyusun aspek yang menggambarkan masalah keseluruhan. Melihat dan mengimajinasikan masalah serta pemecahannya.
3.   Interpersonal. Mencari partner guna mendiskusikan tantangan, mempertimbangkan perbedaan pemahaman dan latar belakang budaya.
4.   Musikal. Mendengarkan musik sembari berpikir mencari jalan keluar. Merekam masalah dalam kata-kata dengan latar belakang musik atau menggubahnya menjadi sebuah lagu.
5.   Intrapersonal. Menggunakan kekuatan pribadi dalam proses meditatif yang tenang. Duduk rileks dalam keadaan Alpha sembari memikirkan masalah. Menanyakan diri sendiri apa yang harus dilakukan guna memecahkan masalah, untuk kemudian melakukan saran-saran tersebut.
6.   Kinestetik. Bergerak untuk melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan, misalnya dengan bereksperimen, membuat peta, atau diagram. Aktivitas gerak dapat merangsang proses penggalian ide dan pemecahan masalah.
7.   Linguistik. Memasukkan permasalahan dan pemecahan dalam tulisan. Menggunakan semua kalimat dan kata-kata, kemudian merenungkan peribahasa dan bahasa kiasan.

Tujuh Langkah Accelerated Learning
1.   Rileks. Menggunakan metode tempat kediaman untuk menuju Alpha. Selanjutnya mengembangkan minat pada bidang pekerjaan, dan membayangkan berhasil mencapai segala cita-cita tersebut. Kecerdasan yang digunakan adalah kinestetik dan intrapersonal.
2.   Membaca Sekilas. Membaca sepintas dan cepat untuk membuat otak berpikir terhadap suatu informasi. Kemudian merenungkan masalah dalam hati, menuliskan, dan mendiskusikan dengan orang lain. Kecerdasan yang digunakan adalah matematika, visual, interpersonal, intrapersonal dan kinestetik.
3.   Penyerapan awal. Proses yang melibatkan penyerapan informasi yang berurutan dan logis. Dapat dilakukan dengan membaca atau mendengarkan pelatih. Cara accelerated learning dengan melibatkan otak kreatif bisa digunakan dalam proses ini. Otak kreatif berfungsi mengubah kata-kata menjadi gambar. Kecerdasan yang digunakan adalah visual dan matematika.
4.   Memproses Informasi. Proses ini dilakukan dengan mengubah informasi ke dalam bentuk gambar, menciptakan kata-kata dengan latar belakang musik, dan membayangkan diri berada di tempat kedamaian serta meraih kesuksesan. Salah satu cara terbaik dalam memproses informasi adalah mendikusikan dalam kelompok. Seluruh kecerdasan digunakan pada proses ini.
5.   Menanam ingatan dengan perasaan (emosi). Peta pikiran yang telah divisualisasikan dalam gambar, dibawa ke tempat kedamaian. Selanjutnya membayangkan diri dalam perasaan senang dan percaya diri, seta mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangkar emosi dapat digunakan untuk meningkatkan perasaan senang yang mengalir. Kecerdasan yang digunakan adalah visual, intrepersonal, kinestetik dan musikal.
6.   Menggunakan informasi. Menggunakan informasi dilakukan dengan memaparkan kembali informasi, kemudian melakukan diskusi. Kecerdasan yang digunakan adalah matematika, intrapersonal, interpersonal, linguistik, dan kinestetik.
7.   Pengulangan terus-menerus. Salah satu cara terbaik untuk memiliki saya ingat adalah melihat peta pikiran secara berkala pada hari, minggu, bulan, dan tahun setelah peta pikiran dibuat. Peta ini dapat ditempel di dinding tempat belajar atau tempat tidur.


Muhammad Zulfa Alfaruqy
dalam Mata Kuliah Psikologi Positif TA 2014 Magister Psikologi UGM.

DAFTAR PUSTAKA
MacGregor, S. (2006). Piece of mind: Mengaktifkan kekuatan pikiran bawah sadar untuk mencapai tujuan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar