ACCELERATED LEARNING
(Bagian 4 dari 4)
Metode accelerated learning diterapkan di
berbagai sekolah dan instansi di dunia. Metode ini terbukti dapat meningkatkan
kecepatan belajar tiga kali lipat. Dua syarat pokok yang harus dilakukan agar
berhasil dalam accelerated learning,
adalah relaksasi dan perasaan/emosi. Dalam bukunya, MacGregor telah menyajikan
langkah bagaimana rileks dan bagaimana menggunakan perasaan positif.
Teori Tujuh Jenis Kecerdasan
Howard Gerner
dalam buku Frames of Mind tahun 1983,
membahas teori tujuh jenis kecerdasan (multiple
intelligences). Accelerated learning menganut
teori ini, guna melatih perserta. Berbagai seminar mengenai pengembangan
pribadi dan kesadaran diri juga menggunakannya dalam berbagai variasi. Menurut
penulis, Gardner telah berhasil memasukkan pengajaran dalam memberi instruksi
yang efektif. Sekarang pencarian cara-cara pengajaran yang lebih efektif
dilakukan oleh akademisi di seluruh dunia. Berikut ketujuh jenis kecerdasan dan
pemanfaatannya:
1. Matematika/Logika. Menggunakan perhitungan. Melihat masalah secara logis,
memperhatikan hasil akhir dan aspek yang mempengaruhinya, membuat urutan, serta
menggunakan diagram dan sistem.
2. Visual/Spasial. Menggunakan gambar, warna, simbol, tanda, ilustrasi dan diagram,
menggunakan peta pikiran, menyusun aspek yang menggambarkan masalah
keseluruhan. Melihat dan mengimajinasikan masalah serta pemecahannya.
3. Interpersonal. Mencari partner guna mendiskusikan tantangan, mempertimbangkan
perbedaan pemahaman dan latar belakang budaya.
4. Musikal. Mendengarkan musik sembari berpikir mencari jalan keluar. Merekam
masalah dalam kata-kata dengan latar belakang musik atau menggubahnya menjadi
sebuah lagu.
5. Intrapersonal. Menggunakan kekuatan pribadi dalam proses meditatif yang tenang.
Duduk rileks dalam keadaan Alpha sembari memikirkan masalah. Menanyakan diri
sendiri apa yang harus dilakukan guna memecahkan masalah, untuk kemudian
melakukan saran-saran tersebut.
6. Kinestetik. Bergerak untuk melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan,
misalnya dengan bereksperimen, membuat peta, atau diagram. Aktivitas gerak
dapat merangsang proses penggalian ide dan pemecahan masalah.
7. Linguistik. Memasukkan permasalahan dan pemecahan dalam tulisan. Menggunakan
semua kalimat dan kata-kata, kemudian merenungkan peribahasa dan bahasa kiasan.
Tujuh Langkah Accelerated
Learning
1. Rileks. Menggunakan metode tempat kediaman untuk menuju Alpha. Selanjutnya
mengembangkan minat pada bidang pekerjaan, dan membayangkan berhasil mencapai
segala cita-cita tersebut. Kecerdasan yang digunakan adalah kinestetik dan
intrapersonal.
2. Membaca Sekilas. Membaca sepintas dan cepat untuk membuat otak berpikir terhadap
suatu informasi. Kemudian merenungkan masalah dalam hati, menuliskan, dan
mendiskusikan dengan orang lain. Kecerdasan yang digunakan adalah matematika,
visual, interpersonal, intrapersonal dan kinestetik.
3. Penyerapan awal. Proses yang melibatkan penyerapan informasi yang berurutan dan
logis. Dapat dilakukan dengan membaca atau mendengarkan pelatih. Cara accelerated learning dengan melibatkan
otak kreatif bisa digunakan dalam proses ini. Otak kreatif berfungsi mengubah
kata-kata menjadi gambar. Kecerdasan yang digunakan adalah visual dan
matematika.
4. Memproses Informasi. Proses ini dilakukan dengan mengubah informasi ke dalam bentuk
gambar, menciptakan kata-kata dengan latar belakang musik, dan membayangkan
diri berada di tempat kedamaian serta meraih kesuksesan. Salah satu cara
terbaik dalam memproses informasi adalah mendikusikan dalam kelompok. Seluruh
kecerdasan digunakan pada proses ini.
5. Menanam ingatan dengan perasaan (emosi). Peta pikiran yang telah
divisualisasikan dalam gambar, dibawa ke tempat kedamaian. Selanjutnya
membayangkan diri dalam perasaan senang dan percaya diri, seta mendapatkan
hasil yang memuaskan. Jangkar emosi dapat digunakan untuk meningkatkan perasaan
senang yang mengalir. Kecerdasan yang digunakan adalah visual, intrepersonal,
kinestetik dan musikal.
6. Menggunakan informasi. Menggunakan informasi dilakukan dengan memaparkan kembali
informasi, kemudian melakukan diskusi. Kecerdasan yang digunakan adalah
matematika, intrapersonal, interpersonal, linguistik, dan kinestetik.
7. Pengulangan terus-menerus. Salah satu cara terbaik untuk memiliki saya ingat adalah melihat
peta pikiran secara berkala pada hari, minggu, bulan, dan tahun setelah peta
pikiran dibuat. Peta ini dapat ditempel di dinding tempat belajar atau tempat
tidur.
Muhammad Zulfa
Alfaruqy
dalam Mata
Kuliah Psikologi Positif TA 2014 Magister Psikologi UGM.
DAFTAR
PUSTAKA
MacGregor, S. (2006). Piece of mind: Mengaktifkan kekuatan pikiran
bawah sadar untuk mencapai tujuan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar