Muhammad Zulfa Alfaruqy
dikutip dari PsyFrame Indonesia @psy_frame
dikutip dari PsyFrame Indonesia @psy_frame
Ketika
berelasi dengan orang lain, kita menggunakan model tertentu sesuai konteks
situasi. Secara sederhana, kita mengenal empat model relasi, yaitu communal, authority, equality, dan market price. Model communal digunakan pada
saat relasi didasari oleh kedekatan. Semua yang kita lakukan adalah dalam
rangka menjaga keutuhan relasi yang sudah terbangun. Model ini berdalil
"Anda bisa mengambil apa yang saya miliki, tanpa melihat apa yang sudah
Anda berikan untuk saya". Model communal banyak dijumpai dalam relasi
pertemanan dan keluarga.
Model
authority merupakan model relasi yang bersifat hierarkis. Ada pihak yang
diposisikan berada di atas, dan ada pihak yang berada di bawah. Posisi
hierarkis ini dianggap sebagai sesuatu yang sah, disetujui, dan dibutuhkan oleh
kedua belah pihak. Pihak yang di bawah menghormati dan mematuhi pihak yang di
atas (otoritas). Sementara pihak yang di atas memberikan perlindungan terhadap pihak
yang di bawah. Model authority dijumpai pada organisasi, instansi yang
berstruktur vertikal, dan dunia militer.
Model
equality adalah model yang menjunjung kesetaraan antar dua pihak berelasi.
50:50. Model ini berdalil “hak dan kewajiban Anda dan saya adalah sama persis”.
Model equality lazim dijumpai dalam komite yang memiliki aturan bahwa antara satu
pihak dan pihak yang lain setara. Banyak dijumpai juga di parlemen.
Model
market price adalah model relasi yang didasarkan pada analisis biaya manfaat. Model
ini tidak mengharuskan relasi yang setara, tapi ada mewajibkan ada keuntungan
diperoleh oleh masing – masing pihak berelasi. Market price dalam bahasa
psikologi lain disebut sebagai model pertukaran / exchange. Market price ditemui dalam relasi antar elite
partai politik dan relasi dua pihak yang terlibat perdagangan. Individu yang
"sehat" bisa menggunakan berbagai model yang tepat sesuai konteks
situasi. Dari Alan Fiske (1991, 1992, & 2004, Rai & Fiske, 2011).
Relational Model Theory #RMT #Psikologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar